“String” Pada Arduino – Starter

Bismillah

Salam dari admin Creative Project. Segala Artikel yang mimin tampilkan disini adalah semata-mata untuk berbagi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang ada pada blog ini dikarenakan kurangnya ilmu dari admin blog. Mohon dimaklumi bagi para pembaca, karena tak ada gading yang tak retak.

Postingan kali ini adalah daftar isi dari sub-bab pembahasan yang akan diposting pada waktu mendatang. Seperti yang sudah diketahui, Arduino merupakan platform open source yang sudah sangat terkenal saat ini. Siapa yang tidak kenal Arduino. Banyak project kreatif yang telah dihasilkan dari seluruh dunia, seperti mini CNC plotter, kontrol robot dengan HP android, quadcopter, bahkan dengan tangan kreatif seorang anak bangsa ia berhasil membuat sebuah handphone berbasis Arduino Mega dengan nama Inersia Mobile Phone (Sekarang menjadi Phoenard). 



Inertial Mobile Phone Karya Pamungkas Sumasta
Inertial Mobile Phone Karya Pamungkas Sumasta



Saat ini tutorial pembuatan sebuah alat berbasis Arduino bisa didapatkan dengan mudah diinternet. Kita ambil salah satu contoh web yang sudah terkenal dibidang ini adalah instructablesDisana kita bisa mendapatkan berbagai tutorial pembuatan project kreatif dengan menggunakan Arduino. Untuk pembuatannya sendiri mungkin tidak menjadi masalah, karena rata-rata memberikan tahap-tahap pembuatan secara jelas. Namun bagaimana jika ingin melakukan modifikasi, tentunya kita perlu mengetahui syntax program yang ada, memahami baris demi baris program dan memahami maksud dari program yang ditulis. Atau bagaimana jika terdapat error pada saat meng-compile program, bisa jadi terjadi kekurangan penulisan program yang diberikan pada tutorial. Tentunya kita perlu mempunyai dasar pemrograman pada arduino. Salah satu dasar pemrograman arduino yang umum dan sering digunakan adalah String pada Arduino. Dengan tujuan inilah Admin blog Creative Project bermaksud membuat pembahasan dengan judul “String” Pada Arduino – Starter.


Pada Arduino terdapat dua macam cara dalam mempresentasikan string text, yang pertama adalah string berakhiran NULL, yaitu string yang dibentuk melalui array bertipe char. Array tersebut digunakan untuk menyatakan string yang dimulai dari indeks pertama hingga karakter NULL ditempatkan. String yang kedua adalah string berkelas string atau string object. Keduanya akan kita bahas lebih jauh pada masing – masing sub-bab. Lalu apa itu String. String dalam pemrograman komputer adalah sebuah deret simbol. Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan barisan karakter. Karakter itu sendiri dapat berupa huruf atau angka. Contoh penggunaan yang umum pada Arduino adalah ketika melakukan komunikasi serial atau pemrograman LCD 16x2 yang membutuhkan pengolahan string agar sebuah huruf atau kata dapat ditampilkan pada layar.

Berikut ini materi string yang akan dibahas :


  • String berakhiran NULL

1.1    String Berakhiran Null, Klik Disini
      -   Apa itu string berakhiran NULL
      -   Menentukan penampung string
      -   Melihat letak karakter NULL

1.2  Mengisi String Dengan Sebuah Kata, Klik Disini
       -  Bentuk Umum Inisialisasi String Berakhiran Null
       -  Macam Bentuk Inisialisasi String Berakhiran Null
       -  Mengisi String Berakhiran Null Pada Saat Inisialisasi Program
       -  Mengisi String Berakhiran Null per karakter per index Array
       -  Mengisi String Berakhiran Null Dengan Menggunakan Fungsi strcpy

1.3  Mengolah String Pada String Berakhiran NULL
   - Menetukan jumlah karakter dalam string
   - Mengambil karakter dalam string
   - Menambahkan string ke akhir suatu string

1.4    Membandingan String Berakhiran NULL

1.5    Mengkonversi String Ke Bilangan Dan Sebaliknya
   - Mengkonversi string menjadi bilangan
   - Mengkonversi bilangan bulat menjadi string
   - Mengkonversi float menjadi string



  •  String Object

1.1  String Berkelas String
  - Kelebihan string berkelas string dibandingkan string berakhiran NULL
  - Inisialisasi string berkelas string

1.2  Mengolah String Berkelas String
  - Memperoleh panjang string
  - Mengakses karakter di string berkelas string
  - Menambahkan string di akhir suatu string berkelas string  

1.3    Membandingkan String  di String Berkelas String

1.4  Mengkonversi String Menjadi Bilangan Dan Sebaliknya
  - Mengkonversi string menjadi bilangan
  - Mengkonversi bilangan menjadi string pada string berkelas string
1.5  Fungsi – Fungsi Pada String Berkelas String
- Tabel Fungsi dan keterangan

- Contoh Sketch


Masing-Masing sub-bab merupakan sebuah link menuju ke postingan dengan pembahasn materi lebih detail. Untuk sub-bab yang belum bisa diklik dikarenakan postingan yang belum tersedia. Mohon doa para pembaca agar admin bisa segera menyelesaikan semua poastingan sub-bab.

Sekian dari admin blog,terima kasih.
Wasallam.




Ditulis oleh Admin caturcreativeproject.blogspot.com
Previous
Next Post »