String Berakhiran NULL - 1.1 Pengenalan


Bismillah

Salam dari admin Creative Project. Segala Artikel yang Admin tampilkan disini adalah semata-mata untuk berbagi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang ada pada blog ini dikarenakan kurangnya ilmu dari admin blog. Mohon dimaklumi bagi para pembaca, karena tak ada gading yang tak retak.

Postingan ini merupakan bagian dari sub-bab pada postingan dengan judul "String" Pada Arduino - Starter, dan merupakan pembahasan awal String pada arduino yakni String berakhiran null. Semoga dengan postingan berjudul "String Berakhiran NULL - 1.1 Pengenalan"  ini bisa memacu admin untuk segera menyelesaikan postingan untuk pembahasan selanjutnya.



Apa Itu String Berkahiran NULL ?

Sebelum menuju ke pembahasan utama, kita perlu mengerti sedikit tentang apa itu string? String dalam pemrograman komputer adalah sebuah deret simbol. Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan barisan karakter. Karakter itu sendiri dapat berupa huruf, angka, atau simbol. Contoh penggunaan yang umum pada Arduino adalah ketika melakukan komunikasi serial atau pemrograman LCD 16x2 yang membutuhkan pengolahan string agar sebuah huruf atau kata dapat ditampilkan pada layar.


Seperti yang telah dijelaskan pada postingan “String Pada Arduino – Starter“ di Arduino terdapat dua macam cara dalam mempresentasikan string text, salah satunya adalah dengan menggunakan string yang dibentuk dengan array bertipe char dan diakhiri dengan karakter NULL ( \0 ). Untuk memudahkan penyebutannya disini admin menyebutnya sebagai string berakhiran null. Dalam kode ASCII, karakter NULL adalah bernilai nol. Kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) atau kode standar amerika untuk pertukaran informasi adalah sebuah standar yang dibuat dan digunakan untuk pertukaran informasi antar perangkat elektronik. Standar ini dibuat untuk memastikan agar perangkat yang berbeda (yang mungkin dibuat oleh perusahaan yang berbeda) dapat berkomunikasi satu sama lain dengan karakter-kode yang sama. Sebagai contoh, tanpa adanya standar ini, maka keyboard yang dibuat oleh perusaan Logitech tidak akan bisa dijalankan pada laptop keluaran Dell. Atau mikrokontroler AVR tidak akan bisa melakukan komunikasi serial dengan mikrokontroler PIC. Untuk lebih jelasnya mengenai kode ASCII silahkan buka link sumber diakhir postingan ini.


String berakhiran karakter NULL adalah string yang dibentuk melalui array bertipe char, yang berarti data pada tiap elemen array-nya memiliki tipe data char. Array digunakan untuk menyatakan isi string yang dimulai dari indeks pertama hingga karakter NULL ditempatkan. Array adalah suatu jenis struktur data yang dapat menyimpan banyak data dengan tipe / jenis data yang sama. Misalnya sebuah array dengan elemen / isinya merupakan bilangan bulat atau sebuah array dengan elemen berupa huruf. Berikut ini merupakan gambar sebuah array.


Array - elemen array dan index 



Pada gambar diatas angka 1,2,3,4,5,dan 6 merupakan isi tiap elemen array, yang masing - masing elemen array tersebut diisi oleh sebuah karakter. Atau dengan kata lain angka ‘1’ atau ‘2’ atau ‘3’ merupakan karakter yang mengisi tiap elemen array. Karakter ini dibentuk dari kode ASCII, untuk lebih jelas silahkan lihat table kode ASCII untuk masing – masing karakter. Index dari setiap elemen array menunjukan urutan data atau identitas yang mewakili data yang ada didalamnya. Index selalu dimulai dari angka 0 (nol). Berdasarkan gambar tersebut maka index 0 berisi data dengan karakter ‘1’ sedangkan index 1 berisi data dengan karakter ‘2’. Nilai index (nol, satu, dst) memiliki kaitan dengan cara untuk mendapatkan atau mengakses isi dari elemen array. Hal ini akan dibahas lebih jauh pada postingan selanjutnya. Seperti yang disebutkan diatas, karakter dapat berupa angka atau huruf bahkan simbol – simbol. Sebagai contoh, berikut ini array dengan elemen berupa huruf dan simbol. 

Array dengan elemen berupa huruf dan simbol





Bagaimana Cara Menentukan Penampung String ?

Penampung string berkaitan dengan jumlah karakter yang akan disimpan didalam array. Misalnya kita ingin menyimpan kata “Arduino” kedalam sebuah string. Lalu bagaimana cara menentukan penampung string-nya. Untuk menentukan penampung string, jumlah karakter yang akan disimpan harus diketahui jumlahnya. Misalnya jumlah karakter yang akan disimpan adalah n, maka penampung string didapat dengan rumus n+1 karakter. Tambahan 1 karakter adalah untuk menampung karakter NULL diakhir karakter yang akan disimpan didalam array.

Dengan asumsi bahwa jumlah karakter yang akan ditampung didalam array adalah n karakter, maka String berakhiran Null dideklarasikan dengan bentuk seperti beikut :

Char pengenal [n+1]; ( Bentuk Deklarasi String Berkahiran Null )

Contoh berikut ini digunakan untuk mendeklarasikan string berakhiran null yang mampu menyimpan kata “ARDUINO”

Char simpan [8]; ( Contoh deklarasi String berakhiran Null )

Angka 8 tersebut merupakan penampung string. Kata “ARDUINO” memiliki jumlah karakter sebanyak 7 karakter, namun penampung string diisi dengan angka 8 dan bukan 7. Hal ini dikarenakan 1 penampung terakhir digunakan untuk menyimpan karakter NULL ( \0 ). Terdapat juga beberapa macam cara membuat deklarasi string berakhiran null dan akan dibahas pada postingan selanjutnya dengan judul “Mengisi String Dengan Sebuah Kata”. Lalu apa kegunaan dari karakter null tersebut? Karakter null digunakan untuk menyatakan akhir isi sebuah string. Sebagai contoh kita memiliki sebuah string berakhiran null dengan isi “Arduino Uno R3 /0”. Kemudian isi string diubah menjadi “Arduino \0 Uno R3 \0”. Maka string saat ini berisi dua buah, yang pertama berisi kata Arduino dan yang kedua berisi kata Uno R3. Berbeda dengan deklarasi awal dimana isi string merupakan satu kesatuan karena karakter null hanya ditempatkan pada akhir kata R3. Pada Arduino, karakter null tersebut digunakan sebagai pengenal akhir sebuah string, agar fungsi penampil seperti Serial.print() dapat membedakan data string yang satu dengan yang lainnya. Jika tidak, fungsi Serial.print() akan terus membaca byte berikutnya dari memori yang bukan merupakan bagian dari string yang ingin ditampilkan. Setelah praktek pada postingan selanjutnya hal ini mungkin akan lebih difahami.


Sekian saja postingan perkenalan String berakhiran Null. Singkat memang karena Admin sengaja memisahkan pembahasan secara tahap demi tahap agar tiap materi bisa dipahami dengan baik. Semoga bermanfaat.

Wasallam.



Daftar Materi Tutorial “String Pada Arduino”, Klik Disini
Postingan Selanjutnya : “Mengisi String Berakhiran Null


Sumber :  BUKU PINTAR PEMROGRAMAN ARDUINO
                https://id.wikipedia.org/wiki/String
                https://id.wikipedia.org/wiki/ASCII
                http://permadi.com/tutorial/ascii/index.html
                http://www.webopedia.com/TERM/A/array.html
                https://www.tutorialspoint.com/cprogramming/c_arrays.htm
                http://alpro.awardspace.com/array.html
                https://www.arduino.cc/en/Reference/String
                http://heraazza.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-array.html




Ditulis oleh Admin caturcreativeproject.blogspot.com
Previous
Next Post »