Trial Sepeda Listrik Energi Terbarukan - POLMAN BABEL

Bismillah...

Salam dari admin Creative Project. Segala Artikel yang mimin tampilkan disni adalah semata-mata untuk berbagi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang ada pada blog ini dikarenakan kurangnya ilmu dari admin blog. Mohon dimaklumi bagi para pembaca, karena tak ada gading yang tak retak.


Kali ini Creative Project ingin menampilkan video demo hasil karya tugas akhir dari teman mimin.
Project ini merupakan hasil karya Mr. Iqbal Ruslini.




Beliau merupakan teman mimin semasa kuliah. Kala itu kami berkumpul pada komunitas yang sama yakni organisasi kegiatan dibidang robotika. Penjelasan mengenai karya ini mungkin tidak akan lengkap karena bukan hasil karya mimin sendiri. Disini mimin hanya ingin berbagi siapa tahu bisa menjadi sebuah ide atau inspirasi bagi teman-teman. Berikut ini spesifikasi yang bisa mimin jabarkan sepanjang pengetahuan mimin.

Komponen dan peralatan yang digunakan :
Sepeda listrik ini menggunakan 2 buah panel surya, salah satunya pada bagian atas kepala yang digunakan juga sebagai pelindung kepala pengendara. Sebagai tenaga penggerak digunakan motor DC jenis brushless (atau begitu yang dikabarkan kepada mimin), untuk model dan spesifikasinya sendiri mimin kurang tahu. Motor ini diselipkan pada bagian dalam pelindung roda bagian belakang, sehingga kondisinya tersembunyi. Sebagai supply tenaga utama digunakan sebuah aki 12V 32Ah dan 4 buah aki 12V 7Ah yang disusun secara seri. Aki-aki tersebut disusun secara rapih dibagian tengah kerangka sepeda sehingga tidak memakan banyak tempat. Sebagai tambahan untuk pengecasan aki, digunakan juga sebuah motor dc yang akan menghasilkan tegangan ketika roda berputar. Untuk mengatur semua proses yang dibutuhkan,  digunakan platform open source berupa Arduino UNO. Serta sebagai tambahan disematkan juga sebuah LCD grafik untuk menampilkan beberpa indikator yang dibutuhkan.

Konsep kerja dari alat ini adalah sebagai berikut :
Panel Surya yang digunakan pada dasarnya adalah untuk melakukan pengecasan aki. Namun tegangan tersebut tidak langusung digunakan untuk pengecasan aki, melainkan dilakukan pengolahan terlebih dahulu agar pengecasan aki dapat dilakukan secara lebih baik. Tegangan yang dihasilkan dari panel surya diumpankan ke sebuah rangkaian boost converter guna menaikkan level tegangannya. Arduino disini berperan dalam pengontrolan sinyal PWM pada rangkaian boost converter agar tegangan keluaran dari rangkaian boost converter sesuai yang diharapkan dan dalam kondisi selalu stabil. Sebagai pengecasan tambahan digunakan sebuah motor DC yang dipasang secara berhimpitan dengan roda bagian belakang, sehingga ketika sepeda bergerak, motor ikut berputar dan menghasilkan tegangan. Dengan kata lain menggunakan konsep recycle tenaga gerak roda. Tegangan keluaran dari motor DC pengecasan diserikan dengan tegangan keluaran dari panel surya. Selanjutnya tegangan keluaran dari rangkaian boost converter digunakan untuk pengecasan aki 12V 32 Ah. Tegangan aki ini kemudian dimasukkan ke sebuah rangkaian inverter AC (pengubah tegangan DC menjadi AC). Adapun jenis inverter yang digunakan adalah 12V 500Watt. Hasil keluaran dari inverter AC kemudian disearahkan kembali menjadi tegangan DC dan diturunkan ke tegangan 48V untuk kemudian digunakan sebagai pengecasan empat buah aki 48V 7Ah. Dengan teknik ini diharapkan proses pengecasan aki dapat dilakukan secara lebih baik. LCD grafik digunakan untuk menampilkan tegangan aki 12V 32Ah, tegangan keluaran dari panel surya serta kecepatan sepeda dalam satuan Km/jam. Segala proses ini diatur dengan menggunakan sebuah Arduino UNO. Untuk mendapatkan kecepatan sepeda, Arduino menerima sinyal encoder yang berada pada motor pengecasan dan diolah sedemikian rupa sehingga didapatkan kecepatan dalam satuan Km/jam. Sepeda listrik ini mampu bergerak dalam 2 arah, yakni maju dan juga mundur. Untuk pergerakan mundur, sengaja dibuat agar pada daerah yang sempit yang sulit untuk bermanuver, sepeda tetap dapat dioperasikan dengan mudah.

Baiklah berikut video demo dari Sepeda Listrik hasil karya teman mimin, syukur mimin punya kesempatan untuk langsung mencoba sendiri sepeda listrik ini. Cukup nyaman untuk digunakan dan layak untuk mendapat apresiasi.



Sekian dan terima kasih kepada teman-teman kerena telah berkenan mengunjungi blog yang sederhana ini. Semoga bermanfaat. 

Wasallam.
Oldest